Tips Interview Kerja – Jika Anda pernah mengajukan Surat
Lamaran Pekerjaan pada salah satu perusahaan, dan nasib baik sedang memihak
pada diri Anda, kemungkinan besar sebelum Anda diterima menjadi karyawan di
perusahaan tersebut, anda biasanya akan mengikuti prosedur yang umumnya berlaku
pada perusahaan, diantaranya anda akan melakukan psikotest dan selanjutnya jika
Anda lolos, maka Anda akan memasuki bapak final atau interview. Dalam interview
atau wawancara, ini memungkinkan anda akan diterima atau sebaliknya, tergantung
dari jawaban Anda tentang pertanyaan yang sudah disiapkan oleh perusahaan.
Namun pada umumnya, pertanyaan yang sering muncul saat melakukan interview atau
wawancara adalah seputar kepribadian Anda, pengalaman kerja dan lain-lain. Lalu
bagaimana cara menghadapi pertanyaan-pertanyaan saat interview? Berikut ini
Perpustakaan Online Blogger Indonesia (duniabaca.com) berbagi tips 7 pertanyaan
penting dalam interview kerja, yang mungkin bisa membantu anda dalam menghadapi
wawancara, seperti yang dilansir oleh id.shooving.com
7 Pertanyaan dalam Interview
1. Ceritakan mengenai diri Anda!
Untuk pertanyaan ini, interviewer ingin Anda menjelaskan
mengenai kekuatan, prestasi, atau segala hal positif yang yang terkait dengan
Anda. Mungkin Anda terjebak untuk menjawab mengenai hobi saya, saudara dan
keluarga saya, hewan piaraan saya, teman dan lain sebagainya. Jawaban tersebut
tidak berguna karena tidak akan memberikan manfaat kepada perusahaan.
2. Apakah kelemahan Anda?
Jangan menceritakan tentang hal – hal negatif mengenai diri
Anda misalnya pernah menggunakan narkoba, pernah dipenjara, kalau tiduk ngorok,
mabuk, atau misalnya saya tidak bisa kerja di bawah tekanan waktu deadline.
Jawaban itu akan membunuh Anda seketika. Yang benar misalnya mengatakan bahwa
Anda orangnya workaholic, jadi saya tidak bisa berhenti jika pekerjaan saya
belum selesai akan tetapi saya akan berusaha mengatur waktu dengan baik saat
saya mulai kerja di perusahaan ini. Memang kelihatannya itu adalah sebuah
kelemahan tetapi tidak bagi interviewer. Itu semua hanyalah sebuah contoh,
jawaban Anda mungkin bisa dalam hal yang lain.
Pesan Sponsor
3. Kenapa Anda meninggal pekerjaan sebelumnya?
Jawaban untuk pertanyaan ini akan menentukan jenis
kepribadian Anda. Pertanyaan explisitnya adalah “Apakah Anda loyal terhadap
perusahaan?”. Jangan pernah berkata bahwa karena perusahaan Anda menawarkan
gaji yang lebih tinggi dibanding perusahaan sebelumnya atau perusahaan tempat
saya kerja kemarin jelek, perusahaan Anda adalah yang terbaik. Cara pandang dan
perkataan negatif Anda tidak akan menaikkan rangking Anda di depan interviewer.
Katakan bahwa – Saya melihat disini saya dapat berkembang dan meningkatkan
kepribadian, kemampuan saya…dll setingkat lebih baik jika saya bergabung dalam
perusahaan ini
4. Bisa bekerja bersama tim?
Katakan ya untuk pertanyaan ini. karena dengan tim Anda bisa
bekerja dengan cepat dan efisien. Jangan katakan bahwa saya mampu memimpin tim
perusahaan Anda, kenapa? karena setiap perusahaan memiliki kondisi kerja yang
berbeda. Ditambah lagi Anda tidak tahu anggota member tersebut ataupun
mengenalnya satu persatu. Jadi jangan memberikan opini sampai Anda melihat
faktanya.
5. Berapa gaji yang Anda inginkan?
Berapa gaji yang Anda inginkan? jangan berkata seolah Anda
ingin mengambil uang yang banyak dari perusahaan tanpa Anda mau memberikan
apapu. Tunjukkan mereka kita adalah partner beri mereka Win-Win Solution. Anda
bisa menjelaskan UMR misalnya 1Juta, kemudian ditambah biaya-biaya lain
misalnya untuk posisi supervisor saya membutuhkan dana komunikasi Rp…, tabungan
Rp…, asuransi Rp…, etc. Jelaskan dari sudut pandang perusahaan dulu kemudian
jelaskan biayanya.
6. Kenapa saya harus menerima Anda?
Pertanyaan ini merupakan hal yang susah saya jawab. Anda
bisa menjawab bahwa saya tinggal di dalam kota yang sama dengan perusahaan
sehingga saya bisa lebih fokus bekerja, saya mampu melakukan market research
karena saya mempunyai jaringan yang luas, atau saya memiliki pengalaman 5 tahun
dan saya tahu tentang teori dan prakteknya sehingga saya mampu meningkat
kecepatan perusahaan dengan cepat.
7. Apa saran Anda untuk meningkatkan kinerja perusahaan?
Jangan memberi pernyataan tanpa fakta. Anda harus
menjawabnya dengan jujur bahwa Anda tidak mengetahui fakta situasi perusahaan
yang sesungguhnya. Katakan bahwa Anda akan melihatnya dulu dengan seksama dan
setelah itu akan memberikan pendapat dan saran.
Itulah beberapa tips saat menghadapi pertanyaan interview
kerja, semoga dengan mempelajari tips menghadapi interview kerja ini, Anda
tidak ragu lagi dalam menjawab semua pertanyaan yang diberikan oleh pihak
perusahaan dan semoga Anda terpilih menjadi karyawan pada perusahaan yang
dimaksud. Selamat Bekerja, Tunjukkan yang terbaik, maka Anda akan lebih di
hargai.
Sumber:unik.com
0 comments:
Post a Comment